Skip to main content
x

Sarjana Perikanan (Budidaya Perairan) ( Bachelor in Fisheries (Aquaculture) )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Language

Indonesian

Duration 8 semesters
Cost 15 million IDR/year

Prodi Perikanan merupakan salah satu Prodi yang berada di lingkungan Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Pendirian Prodi Perikanan mulai direncanakan sejak tahun 2003 sebagai upaya untuk memenuhi permintaan sumberdaya manusia di sektor perikanan baik instansi pemerintah maupun swasta. Selain itu, hal lain yang mendasarinya adalah potensi kelautan dan perikanan Provinsi Banten yang prospektif untuk dikembangkan.

Pada tanggal 5 Maret 2008, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) No 547/D/T/2008 maka didirikan Prodi Perikanan. Pada tahun ajaran 2008/2009 mulai dilakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk yang ditawarkan oleh Untirta. Prodi Perikanan telah terakreditasi dengan nilai C sesuai dengan SK nomor 164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 yang dikeluarkan pada tanggal 3 Agustus 2013.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan skills yang harus dimiliki setiap lulusan, maka Prodi Perikanan telah melakukan pengembangan kurikulum pada tahun 2014. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap lulusan. Bidang ilmu yang menjadi kajian di Prodi Perikanan meliputi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Budidaya Perairan (BDP), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).

Prodi Perikanan merupakan suatu upaya turut sertanya Faperta Untirta dalam menunjang pembangunan nasional dan daerah terutama pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di sektor perikanan. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan Perguruan Tinggi lain seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Sekolah Tinggi Perikanan, dan lain-lain. Kondisi tersebut diharapkan dapat memberikan peluang bagi lulusan Prodi perikanan untuk berkiprah di instansi pemerintah, swasta, maupun menjadi wiraswasta.

Visi

Pada tahun 2025 Jurusan Perikanan menjadi lembaga pendidikan tinggi bertaraf nasional di bidang perikanan yang bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan.

 Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang perikanan yang menghasilkan lulusan yang bermutu, berkarakter, dan profesional
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang perikanan yang fokus kepada kedaulatan dan ketahanan pangan
  3. Mengimplementasikan dan memasyarakatkan hasil riset bidang perikanan agar tepat guna dan mudah diaplikasikan
  4. Memperkuat kerjasama dan jejaring baik pemerintah, swasta maupun lembaga –lembaga yang terkait dibidang perikanan.

Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang bermutu, berkarakter, dan profesional agar berdaya saing dalam masyarakat global
  2. Menghasilkan penelitian dibidang perikanan terkait dengan kedaulatan dan ketahanan pangan
  3. Menghasilkan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing
  4. Melakukan jejaring kerjasama dengan pemerintah, swasta maupun lembaga yang terkait di bidang perikanan.
Structural components
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Project management
Personal skills and communication
Ocean Literacy
Biology
Ecology
Conservation and environmental management
Physical and chemical oceanography
Statistics
Aquaculture
Veterinary sciences