Skip to main content
x

Sarjana Budidaya Perairan (Bachelor in Aquaculture )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Language

Indonesian

Duration 8 semesters
Cost 1.5 million IDR/year

Latar Belakang Fakultas Pertanian

Pada tahun 1987, melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0650/0/1987 tanggal 20 Oktober 1987 adalah awal Sekolah Tinggi Pertanian berdiri, secara resmi Sekolah Tinggi ini dibuka pada hari selasa 2 September 1986 dengan jumlah mahasiswa pioner 201 orang dan sejumlah tenaga pengajar tetap maupun tidak tetap serta terdapat beberapa jurusan yang dibuka.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No: 163/Dikti/Kep/2007 tanggal 29 Nopember 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi, seperti Prodi Agronomi, Hortikultura, Pemuliaan Tanaman, Arsitektur Landskap, Budidaya Pertanian, Ilmu Tanah, Hama dan Penyakit Tanaman menjadi Program Studi Agroteknologi. Sementara seperti Prodi Sosial Ekonomi Pertanian, Agribisnis, Penyuluh dan Komunikasi Pertanian, Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga menjadi Program Studi Agribisnis.  

Maka pada tahun 2008, Keputusan Menteri Pendidikan RI pada tanggal 18 Juli 2008 dengan Nomor: 144/D/O/2008 memberikan izin penyelenggaraan program studi dan penggabungan STIE dan STP Gajah Putih menjadi Universitas Gajah Putih di Takengon yang diselenggarakan dibawah payung Yayasan Gajah Putih, jumlah mahasiswa pada saat ini berjumlah 3000 orang. Berdasarkan Keputusan inilah juga terdapat penambahan tiga Program Studi yang sebelumnya hanya ada dua sehingga pada tahun 2008 terdapat lima program studi yaitu: 1. Prodi Agribisnis; 2. Prodi Agroteknologi; 3. Prodi Budidaya Perairan; 4. Prodi Peternakan; dan 5. Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Visi

Fakultas Pertanian Universitas Gajah Putih menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi (IPTEK) pertanian berkelanjutan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu, berkarakter dan berjiwa wirausaha.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pertanian dengan kurikulum terintegrasi dan berbasis kompetensi dengan capaian pembelajaran berlevel Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan penelitian ilmiah untuk meningkatkan daya saing sektor pertanian
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan alih IPTEK pertanian kepada masyarakat dan industri.
  4. Meningkatkan kompetensi SDM melalui tugas belajar,pendidikan dan pelatihan serta kegiatan ilmiah lainnya.
  5. Meningkatkan kompetensi lulusan Sarjana Pertanian dengan melaksanakan Leadership, Relevansi, Academic atmosfeer, Internal manajemen, Sustainability dan

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pertanian di bidang Agronomi yang mandiri dan mampu menjadi wirausahawan,
  2. Menghasilkan kajian dan penelitian ilmiah yang sesuai dengan tuntutan masyarakat,
  3. Terlaksananya pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanian yangsesuai dengan tuntutan masyarakat dan berwawasan kewirausahaan,
  4. Terlaksananya tata kelola Fakultas Pertanian yang efektif dan efisien.
Structural components
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Project management
Personal skills and communication
Ocean Literacy
Biology
Biotechnology
Ecology
Conservation and environmental management
Physical and chemical oceanography
Statistics
Aquaculture
Fisheries