Skip to main content
x

Sarjana Manajemen Sumberdaya Perairan (Bachelor in Aquatic Resources Management )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Language

Indonesian

Duration 8 semesters
Cost 9 million IDR/year

Program Studi (Sarjana S1) Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), merupakan salah satu jurusan pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang berdiri sejak tanggal 1 Agustus 2007. Sejak tanggal 21 Juli 2016 sampai dengan 21 Juli 2021, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan memperoleh Akreditasi B oleh BAN-PT. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan terus berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan tinggi dibidang Pengelolaan Sumberdaya Perairan Pulau-pulau Kecil kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.

Program studi ini memiliki fokus pada bidang Pengelolaan Sumberdaya Perairan Pulau-pulau Kecil. Sebagai upaya mengatasi masalah-masalah perikanan dan sumberdaya secara global khususnya di provinsi Kepulauan Riau yang merupakan gugusan pulau kecil, sarjana Manajemen Sumberdaya Perairan merupakan lulusan yang diharapkan memiliki wawasan luas dan jauh ke depan yang mempunyai pola pemikiran inovatif yang teruji baik dari sisi pendidikan, penerapan teknologi dan manajemen dalam menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat untuk menghadapi persaingan global, terutama era industri 4.0.

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan memiliki 9 orang dosen yang merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia dan luar negeri. Dengan 1 orang Doktor, 2 orang Candidat Doktor dan 6 orang Magister, yang memiliki berbagai keahlian dibidang Pengelolaan Sumberdaya Perairan Pulau-Pulau Kecil.

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan memiliki dua grup riset kajian, yaitu Grup Riset Produktivitas dan Lingkungan Perairan dan Grup Riset Pengelolaan Sumberdaya Perairan Pulau-Pulau Kecil.

Setiap tahunnya Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menerima calon mahasiswa sebanyak 75 orang mahasiswa, yang diterima melalui jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN.

Sejarah

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) resmi berdiri sejak tanggal 1 Agustus 2007 dengan Surat Keputusan Mendiknas RI nomor 124/D/O/2007 Tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Perubahan Bentuk Politeknik Batam menjadi Universitas Maritim Raja Ali Haji. Dengan SK ini Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji mengembangkan dua program studi sekaligus yaitu program studi Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumberdaya Perairan.

Selanjutnya izin penyelengaraan program studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji telah diperpanjang sejak tanggal 25 Januari 2010 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1139/D/T/K-X/2010.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No.051/BAN-PT/Ak-XIII/S1/III/2011 tertanggal 11 Maret 2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Maritim Raja Ali Haji memperoleh akreditasi pertamanya dengan Akreditasi C mulai berlaku sejak tanggal 11 Maret 2011 sampai dengan 11 Maret 2016.

Selanjutnya di tahun 2016 dilakukan akreditasi ulang, Berdasarkan Keputusan BAN-PT No.1216/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 tertanggal 21 Juli 2016, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Maritim Raja Ali Haji, memperoleh Akreditasi B yang berlaku sejak tanggal 21 Juli 2016 sampai dengan 21 Juli 2021.

Ketua-ketua Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan

  1. Endang Purnamasari, S.Pi., M.Si.
  2. Said Raza’i, S.Pi., M.Si.
  3. Diana Azizah, S.Pi., M.Si.
  4. Linda Waty Zen, M.Si.
  5. Diana Azizah, S.Pi., M.Si. (Maret 2017 s.d Oktober 2017)
  6. Dr. Febrianti Lestari, S.Si., M.Si. (November 2017 s.d sekarang)

VISI

Menjadi pusat unggulan (centre of excellence) di bidang manajemen sumberdaya perairan pulau-pulau kecil di tingkat Asia Pasifik pada tahun 2040.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang manajemen sumberdaya perairan pulau-pulau kecil yang memiliki keunggulan kompetitif, inovatif, komunikatif, dan kolaboratif pada tingkat nasional dan regional (Asia Pasifik).
  2. Menyelenggarakan riset dan pengembangan IPTEK di bidang manajemen sumberdaya perairan pulau-pulau kecil yang memiliki keunggulan kompetitif dan inovatif pada tingkat nasional dan regional (Asia Pasifik).
  3. Menyelenggarakan penerapan IPTEK melalui pengabdian kepada masyarakat melalui kolaborasi dengan stakeholder dan shareholder di bidang manajemen sumberdaya perairan pulau-pulau kecil.
Structural components
Thesis/Dissertation
Dive training
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Project management
Personal skills and communication
Ocean Literacy
Biology
Biotechnology
Toxicology
Ecology
Conservation and environmental management
Physical and chemical oceanography
Statistics
Marine spatial planning
Surveying
Aquaculture
Fisheries