Skip to main content
x

Saujana Ilmu Kelautan (Bachelor of Marine Science )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Language

Indonesian

Duration 8 semesters
Cost 9 million IDR/year

Ilmu Kelautan

A. PROFIL

 Sejarah

Jurusan Ilmu Kelautan didirikan pada tahun 2010, dimana pada awal berdirinya merupakan Konsentrasi Program Studi Ilmu Kelautan dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP). Pada tahun 2013 mendapat mandat program studi ilmu kelautan berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 677/E.E.DT/2013 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi dan disahkan menjadi program studi Ilmu Kelautan pada tahun 2014 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 63/E/O/2014 Tentang Izin Menyelenggaraan Program Studi pada Universitas Halu Oleo di Kendari. Memiliki akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana. Pada tahun 2015 terjadi peningkatan status dari Program Studi menjadi Jurusan Ilmu Kelautan.

Visi

Terwujudnya Program Studi yang menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dalam bidang eksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil pada tahun 2019.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidangeksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang eksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.
  4. Membangun kemitraan (networking) baik regional, nasional, maupun internasional dengan berbagai perguruan tinggi, lembaga pemerintah dan non pemerintah, serta pelaku usaha bidang kelautan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana ilmu kelautan yang memiliki kompetensi dalam bidang eksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang eksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil.
  3. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan ilmu kelautan yang dimiliki sesuai dengan bidang kompetensi dalam kegiatan produktif, inovatif, dan pelayanan kepada masyarakat.
  4. Melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) atau lembaga lain baik nasional maupun internasional untuk mempercepat pengembangan PS IKL.

Keunggulan

Eksplorasi keanekaragaman hayati laut dan pulau-pulau kecil.

Kompetensi Lulusan

Standar kompetensi lulusan PS. Ilmu kelautan FPIK UHO dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan se- Indonesia (P2TPK) dan masukan dari stakeholder serta kemajuan IPTEKS. Standar kompetensi lulusan PS. IKL FPIK UHO dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan yang mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level 6 yang terdiri dari elemen sikap dan tata nilai (kepribadian), kemampuan bidang kerja (hard skill), penguasaan ilmu pengetahuan (knowledge) dan kemampuan manajerial. Ciri khas kompetensi utama lulusan PS. IKL FPIK UHO sebagai pembeda dengan program studi lainya ditentukan oleh kemampuan bidang kerja (hard skill) dan penguasaan ilmu pengetahuan (knowledge).

Structural components
Thesis/Dissertation
Dive training
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Project management
Personal skills and communication
Ocean Literacy
Marine and maritime law
Biology
Ecology
Conservation and environmental management
Physical and chemical oceanography
Statistics
Environmental protection technology
Machinery and operators
Fisheries
Marine spatial planning
Surveying