Overslaan en naar de inhoud gaan
x

Sarjana Teknologi Hasil Perikanan (Bachelor in Fisheries Product Technology )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Taal

Indonesian

Tijdsduur 8 semesters
Cost 9 million IDR/year

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan berdasarkan SK Mandat dari Dirjen Pendidikan Tinggi No. 696/E.E2/DT/2013 Tanggal 23 Juli 2013 kemudian mendapatkan ijin operasional dengan SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 472/E/O/2013 ditetapkan 1 Oktober 2013.

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan merupakan salah satu Program Studi di FIKP UMRAH yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan. Prodi THP memfasilitasi mahasiswa untuk mengetahui dan mampu memanfaatkan sumberdaya perikanan yang luas menjadi produk bernilai tambah.

Program studi Teknologi Hasil Perikanan mengembangkan keilmuan di bidang teknologi pengolahan hasil perikanan, penjaminan mutu proses hasil perikanan, dan bioteknologi hasil perikanan. Setiap pengembangan keilmuan memiliki Grup Riset untuk memfasilitasi kemajuan penelitian. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan memiliki Grup Riset di bidang Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Penjaminan Mutu Proses Hasil Perikanan, dan Bioteknologi Hasil Perikanan.

Grup Riset Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan mengembangkan penelitian dibidang pengolahan hasil perikanan, diversifikasi dan formulasi produk hasil perikanan, pengolahan tradisional, dan pemanfaatan hasil samping serta limbah hasil perikanan.

Grup Riset Bioteknologi Hasil Perikanan mengembangkan keilmuan dibidang bioteknologi hasil perikanan untuk mengeksplorasi bahan hayati menjadi produk yang bermanfaat seperti sumber energi, kosmetika, nutrasetika, pangan, farmasetika dan lain-lain.

Grup Riset Penjaminan Mutu Proses Hasil Perikanan mengembangkan keilmuan dibidang penjaminan mutu hasil perikanan selama penanganan, pengolahan, dan transportasi hasil perikanan.

Sejarah

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan berdasarkan SK Mandat dari Dirjen Pendidikan Tinggi No. 696/E.E2/DT/2013 Tanggal 23 Juli 2013 kemudian mendapatkan ijin operasional dengan SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 472/E/O/2013 ditetapkan 1 Oktober 2013.

Ketua Jurusan Teknologi Hasil Perikanan FIKP UMRAH yang pertama adalah Lily Viruly, S.Pi, M.Si dengan Sekretaris Jurusan Azwin Apriandi, S,Pi, M.Si. Tanggal 10 Februari 2016 sampai dengan 17 Maret 2017 ditunjuk Pelaksana Tugas Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Teknologi Hasil Perikanan. Dosen yang ditunjuk sebagai Ketua Jurusan adalah Made Suhandana, S.Pi, M.Si dan Jumsurizal S.Pi, MSi sebagai Sekretaris Jurusan. Berdasarkan SK Rektor Ketua Jurusan Teknologi Hasil Perikanan FIKP UMRAH saat ini adalah Azwin Apriandi S.Pi, M.Si dengan Sekretaris Jurusan R. Marwita Sari Putri, S.Pi, M.Si.

Visi

Menjadi “pusat kepakaran Indonesia” dalam menyediakan sumber daya manusia pengolah hasil perikanan yang unggul, berkepribadian mulia serta bermanfaat bagi umat manusia tahun 2035.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan siap bekerja menunjang tumbuh kembangnya teknologi pengolahan hasil perikanan dan diversifikasi produknya.
  • Melakukan penelitian terapan dan pengembangan teknologi pengolahan hasil perikanan yang efektif, efisien, dan berwawasan lingkungan.
  • Mengurangi berbagai bentuk kemiskinan ditengah masyarakat melalui proses pengembangan masyarakat terdidik dengan menggunakan metoda ilmiah yang disalurkan melalui pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dampak arus globalisasi yang makin meluas dengan sikap adaptif, inovatif dan produktif pada semua lapisan dengan lulusan THP sebagai agen stimulan.
Structurele componenten
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Projectmanagement
Persoonlijke vaardigheden en communicatie
Oceaangeletterdheid
Biologie
Biotechnologie
Ecologie
Conservatie en milieumanagement
Statistiek
Mariene Ruimtelijke Planning
Visserij