Overslaan en naar de inhoud gaan
x

Sarjana Manajemen Sumberdaya Perairan (Bachelor in Aquatic Resources Management )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Taal

Indonesian

Tijdsduur 8 semesters
Cost 13.5 million IDR/year

Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya merupakan  salah satu fakultas yang ada di  Universitas Palangka Raya, dikembangkan sebagai wujud komitmen  Universitas Palangka Raya untuk  memberikan  kontribusi positif bagi pembangunan di Kalimantan Tengah melalui Tri Dharma PerguruanTinggi.

Embrio pendirian Fakultas Pertanian dimulai pada tahun 1968 dengan merencanakan pendirian Fakultas Pertaniandan Kehutanan di Kuala Kapuas. Namun embrio tersebut baru bisa tumbuh ketika didirikannya Fakultas Non Gelar Teknologi (FNT) pada tahun 1981. Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi serta Keppres RI Nomor 10 Tahun 1991 tentang Susunan Organisasi Universitas/Institut Negeri, diantaranya mengatur tentang pengintegrasian Fakultas Non Gelar Teknologi (FNT) ke dalam Fakultas dengan disiplin ilmu yang sama dalam suatu Universitas/Institut Negeri, maka diterbitkan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya Nomor 583/PT31.H/C/VI/91 tanggal 2 Mei 1991 tentang Penutupan dan Pengintegrasian Fakultas Non Gelar Teknologi Universitas Palangka Raya, dan sekaligus membentuk Tim Pengelola Program Strata 1 Ilmu-ilmu Pertanian menjadi Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya.

Perkembangan selanjutnya adalah Pembentukan Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian di Universitas Palangka Raya berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud RI Nomor 280/Dikti/Kep/93tanggal 10 Mei 1993.

Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya dikukuhkan dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 0368/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993.  Saat ini Fakultas Pertanian memiliki 4 Jurusan dengan 8 program studi di dalamnya. 

Kiprah Fakultas Pertanian sejak berdiri telah memberikan banyak kontribusi bagi peningkatan sumberdaya manusia dan pembangunan di Kalimantan Tengah, serta khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pertanian artiluas. Berbagai strategi, kebijakan dan program kerja telah dikembangkan untuk membawa Fakultas Pertanian pada keunggulannya.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta globalisasi  menyebabkan bergesernya perekonomian dunia pada ekonomi berbasis pengetahuan. Oleh karenanya pendidikan tinggi semakin dibutuhkan oleh masyarakat luas. Pendidikan tinggi di Indonesia dalam beberapa dasawarsa terakhir terus tumbuh dengan cukup signifikan. Namun kualitas dan relevansi pendidikan tinggi masih menjadi salah satu kelemahan kita. Rendahnya jumlah publikasi ilmiah  secara internasional, jumlah patendan kekayaan intelektual lainnya, serta tingginya angka sarjana yang menganggur merupakan sebagian indikasi rendahnya kualitas dan relevansi DitjenDikti, 2010). 

Di sisi lain, perguruan tinggi dipandang sebagai salah satu sumber inovasi dan solusi bagi permasalahan pembangunan.   Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh eksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan serta tekanan pertumbuhan penduduk menimbulkan berbagai potensi krisis air, energi, dan pangan, serta perubahan cuaca dalam skala global. Pemanasan global merupakan ancaman yang  hanya bisa diatasi secara bersama-sama antar negara. Oleh  karena itu  perguruan  tinggi diharapkan dapat berperan aktif dalam mengatasi isu-isu lingkungan serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan melalui pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development).

Universitas Palangka Raya merupakan salah satu perguruan tinggi juga dihadapkan kepada permasalahan internal dan eksternal. Permasalahan kualitas dan relevansi pendidikan menjadi isu yang diperhitungkan dalam pengembangan Universitas Palangka Raya kedepan.   Sementara itu permasalahan eksternal seperti kerusakan lingkungan akibat eksploitasi sumberdaya alam untuk pembangunan juga menjadi salah satu isu penting yang menjadi titik perhatian Universitas Palangka Raya.

Fakultas Pertanian dengan jurusan/program studi yang terkait dengan bidang “pertanian artiluas” (Budidaya Pertanian, Peternakan, Sosial  Ekonomi Pertanian,  Perikanan,  Kehutanan dan Teknologi Industri Pertanian) tentunya terkait langsung dengan pemanfaatan sumberdaya alam, oleh karenanya turut serta dalam peningkatan peranan Universitas Palangka Raya dalam memberikan solusi bagi permasalahan pembangunan.

Visi & Misi

Visi dari Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya adalah “Pada tahun 2023 menjadi pusat belajar pengelolaan daerah rawa gambut tropika

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dengan mengacu kepada kebutuhan masyarakat dan pembangunan
  2. Meningkatkan penggalian dan pengembangan IPTEK di bidang pertanian arti luas, khususnya di kawasan rawa gambut tropika, daerah aliran sungai (DAS) serta lingkungannya untuk menyokong pembangunan berkelanjutan
  3. Meningkatkan penerapan dan penyebarluasan IPTEKS di bidang pertanian arti luas bagi masyarakat dan pembangunan
  4. Menciptakan tata kelola fakultas yang responsif dengan mengedepankan prinsip tata kelola yang baik.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan networking untuk mempercepat pening-katan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama
Structurele componenten
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Projectmanagement
Persoonlijke vaardigheden en communicatie
Oceaangeletterdheid
Logistiek en bedrijfsvoering scheepsvaart
Marien and maritiem recht
Ecologie
Conservatie en milieumanagement
Fysische en chemische oceanografie
Statistiek
Machines en operators
Mariene Ruimtelijke Planning
Visserij