Overslaan en naar de inhoud gaan
x

Sarjana Budidaya Perairan (Bachelor of Aquaculture )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Taal

Indonesian

Tijdsduur 8 semesters
Cost 7 million IDR/year

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan merupakan fakultas baru dan tergolong relatif masih muda karena baru berdiri pada bulan September 2014, yaitu dengan adanya Surat Keputusan Rektor UNG Nomor 869/UN47/OT/2014 tentang Pembentukan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo. Sebelum berdiri sendiri fakultas ini masih merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo, yaitu Jurusan Teknologi Perikanan yang terdiri dari 3 (tiga) Program Studi dan 1 (satu) Laboratorium. Ketiga program studi tersebut yaitu program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan (THP), S1 Budidaya Perairan (BDP), dan S1 Manajemen Sumberdaya Perikanan (MSP).Seiring dengan terbentuknya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan melalui SK Rektor Nomor 869/UN47/OT/2014 maka dilakukan penyesuaian organisasi kelayakan Fakultas. Selanjutnya dalam rangka penataan pengorganisasian di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sesuai SK Rektor Nomor: 1140/UN47/OT/2014 tanggal 03 November 2014 tentang Alih Status Program Studi menjadi Jurusan di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, maka 3 (tiga) Program Studi tersebut ditetapkan menjadi Jurusan/Program Studi, sehingga namanya menjadi Jurusan/Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), Jurusan/Program Studi Budidaya Perairan (BDP), dan Jurusan/Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP). Demikian pula halnya dengan laboratorium yang awalnya masih tergabung dalam 1 (satu) laboratorium disesuaikan menjadi tiga laboratorium sesuai dengan tuntutan organisasi jurusan berdasarkan SK Rektor Nomor: 1742/UN47/KP/2014 tanggal 01 Desember 2014 tentang Pengangkatan Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Kepala Laboratorium di Lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Gorontalo. Adapun nama-nama laboratorium tersebut adalah Laboratorium Bioteknologi dan Karakteristik Hasil Perikanan, Laboratorium Aquaculture, Pakan dan Penyakit, dan Laboratorium Hidrobioteknologi dan Biometrika.

VISI

“Menjadi pusat pengembangan inovasi ilmu perikanan dan kelautan berbasis potensi lokal di kawasan Asia Tenggara 2035"

MISI

Untuk mencapai Visi tersebut di atas, maka Misi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kultur mutu akademik dengan menyelenggarakan pendidikan pengajaran yang kondusif, efektif berorientasi pada kepentingan sosial dan pembangunan kemasyarakatan, didukung oleh mentalitas akademik yang berkualitas serta menjunjung tinggi nilai budaya dan norma masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian bidang perikanan dan kelautan yang berbasis potensi lokal, untuk mengembangkan ilmu, konsep dan kebijakan sehingga melahirkan produk yang bermanfaat bagi kepentingan civitas akademika dan masyarkat.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian pada masyarakat yang berbasis kepentingan untuk kemajuan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama internal kelembagaan dan eksternal dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat baik dalam maupun luar negeri dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas kelembagaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Structurele componenten
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Projectmanagement
Persoonlijke vaardigheden en communicatie
Oceaangeletterdheid
Biologie
Biotechnologie
Ecologie
Conservatie en milieumanagement
Fysische en chemische oceanografie
Statistiek
Aquacultuur