Overslaan en naar de inhoud gaan
x

Sarjana Ilmu Kelautan (Bachelor of Marine Science )

Type
Bachelor (ISCED 2011 level 6)
Taal

Indonesian

Tijdsduur 8 semesters
Cost 7.5 million IDR/year

Sejarah Perkembangan Program Studi Ilmu Kelautan

Fakultas Perikanan Universitas Muslim Indonesia didirikan pada Tanggal 19 Juni 1987, dengan Nomor Akta 407 Tahun 1987, yang terdiri dari 2 (dua) jurusan yaitu Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) dan Jurusan Budiddaya Perairan (BDP). Seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam menerapkan prinsip eksplorasi dan eksploitasi maka Tahun 2000 Fakultas Perikanan menambah satu jurusan lagi yaitu Ilmu Kelautan (IKL) berdasarkan SK Dikti Nomor 363/DIKTI/Kep/2000 tertanggal 16 Oktober 2000 sehingga Fakultas ini berubah nama menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Besarnya potensi sumberdaya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia khususnya di Indonesia Bagian Timur menyebabkan jumlah peminat mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan akan terus meningkat dimasa yang akan datang. PS. IKL membina 2 laboratorium yaitu Lab. Penginderaan Jauh dan Lab. Oseanografi dan Akustik dan masing-masing laboratorium mengampu mata kuliah sesuai kompetensi atau keilmuan staf pengajar.

Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Indonesia Prodil Ilmu Kelautan sudah 3 kali di akreditasi dengan rincian sbb:
1. No. 024/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005 tanggal 27 Desember 2005, Terakreditasi B (Nilai: 323)
2. No. 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011, tanggal 24 Agustus 2011, Terakreditasi B (Nilai: 336)
3. No.2507/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 tanggal 20 Oktober 2016, Terakreditasi A (368)

Prodi Ilmu Kelautan berusaha untuk mengembangkan berbagai kegiatan yang dapat menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu terdiri atas aspek pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah pengembangan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan bereputasi nasional dalam bidang eksplorasi dan konservasi sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing dan berakhlakul karimah pada tahun 2024”.

Misi

  1.  Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang unggul dan bereputasi Nasional.
  2. Mengupayakan lulusan yang profesional dan berdaya saing dalam bidang eksplorasi dan konservasi sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil.
  3. Mempersiapkan lulusan yang berilmu amaliah dan berakhlakul karimah.

Tujuan Program Studi Ilmu Kelautan

  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, berdaya saing dan bereputasi nasional.
  2. Menghasilkan lulusan profesional dan berdaya saing dalam bidang eksplorasi dan konservasi sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil.
  3. Menghasilkan lulusan berilmu amalia dan berakhlakul karimah.
Structurele componenten
Thesis/Dissertation
Laboratory training
Practical/Field work
Language training
Research Project

ISCED Categories

Projectmanagement
Persoonlijke vaardigheden en communicatie
Oceaangeletterdheid
Biologie
Biotechnologie
Ecologie
Fysische en chemische oceanografie
Statistiek
Aquacultuur
Visserij