Pasar al contenido principal
x

Saujana Perikanan Tangkap (Bachelor of Capture Fisheries )

Tipo
pregrado universitario (ISCED 2011 nivel 6)
Idioma

Indonesio

Duración 8 semesters
Costo 9 million IDR/year

Latar Belakang

Sektor perikanan tangkap merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan  penting dalam perekonomian nasional. Perikanan tangkap merupakan pemasok terbesar produksi perikanan serta penyedia lapangan kerja dan sumber nafkah bagi sebagian masyarakat yang menghuni wilayah pesisir. Selain itu, komoditas perikanan saat ini merupakan sumber protein hewani utama bagi 5 miliar penduduk dunia.

Sulawesi Tenggara sebagai provinsi kepulauan sebagian besar terdiri dari lautan dengan luas wilayah sekitar 114.879 km2 dan panjang pantai sekitar 1.740 km2.  Kawasan laut Sulawesi Tenggara dan sekitarnya (Laut Banda, Teluk Tolo, Laut Flores dan Teluk Bone) menyimpan potensi perikanan yang besar untuk di kembangkan. Untuk itu dibutuhkan sumberdaya manusia yang terdidik dan terampil sehingga pemanfaatan potensi perikanan dapat dilakukan secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab.

Program Studi Perikanan Tangkap FPIK-UHO berdiri berdasarkan SK Kemenristek Dikti No.250/KPT/I/2016 Tanggal 29 Agustus 2016.  Pendirian Prodi Perikanan Tangkap sangat relevan dan strategis bagi penyediaan SDM yang handal bagi pengembangan teknologi dan manajemen perikanan tangkap sehingga perikanan dapat menjadi kekuatan ekonomi sekaligus menjamin ketahanan pangan Bangsa Indonesia.

Componentes estructurales
Tesis/Disertación
Entrenamiento de laboratorio
Trabajo práctico/ de campo
Entrenamiento de idioma
Proyecto de investigación

Categorías CINE (ISCED)

Manejo de proyectos
Competencias personales y comunicación
Cultura oceánica
Biología
Ecología
Estadística
Pesquerías