Pasar al contenido principal
x

Saujana Ilmu Kelautan (Bachelor of Marine Science )

Tipo
pregrado universitario (ISCED 2011 nivel 6)
Idioma

Indonesio

Duración 8 semesters
Costo 12 million IDR/year

Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya didirikan berdasarkan SK No. 2953/D/T/2008 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi pada Tanggal 4 September 2008. Program Stusi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya memfokuskan kajian kepada tiga  bidang utama, yaitu konservasi sumberdaya pesisir dan laut, oseanografi dan eksplorasi suberdaya pesisir dan laut. Dalam perjalanannya, Program Studi Ilmu Kelautan mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT (SK No.151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013).

Visi

Visi PS S1 Ilmu Kelautan mengacu kepada visi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Universitas Brawijaya. Visi PS S1 Ilmu Kelautan adalah Menjadikan Prodi S1 Ilmu Kelautan unggul yang berdaya saing internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kelautan yang berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan mengaplikasikan secara efektif ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) kelautan guna menghasilkan sarjana/ ahli yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa enterpreneur, mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan bidang kelautan berdasarkan kompetensi eksplorasi dan eksploitasi non ikan, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan, menggali, menghasilkan, dan memperkaya IPTEKS bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pelayanan dalam pendidikan/ pelatihan, penelitian, dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat (stakeholder) di bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.

Tujuan

Menghasilkan sarjana kelautan yang profesional, berperilaku mulia dan berjiwa enterpreneur, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki Landasan Kepribadian yaitu;
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Menjalankan perikehidupan berbangsa dan bernegara demi kemajuan bangsa dan negara
  • Mampu memahami dan beradaptasi terhadap kemajemukan budaya pesisir
  1. Memiliki Penguasaan Ilmu dan Keterampilan yaitu memiliki kemampuan dalam
  • Bidang Oseanografi : memahami, menjelaskan, menganalisis dan memodelkan fenomena oseanografi serta dampaknya terkait dengan dinamika ekosistem pesisir dan laut.
  • Bidang Eksplorasi : memetakan sumberdaya hayati dan non hayati pesisir dan laut menggunakan perangkat lunak penginderaan jauh dan sistem informasi geografis; mengoperasikan instrumen kelautan dalam pengamatan dan pengukuran fenomena pesisir dan laut pada kajian oseanografi, eksplorasi, konservasi serta bioteknologi kelautan.
  • Bidang Bioteknologi: mengeksplorasi keanekaragaman genetik dan memanfaatkan potensi bioprospeksi (bahan hayati laut, bioremediasi, biomonitoring, biomarker) pada organisme laut.
  • Bidang Konservasi : melakukan monitoring dan penilaian baik secara langsung (in-situ) maupun tidak langsung (ex-situ) berdasarkan kaidah penelitian ilmiah mengenai kondisi ekosistem pesisir dan laut; melakukan upaya konservasi sumberdaya hayati pesisir dan laut di perairan tropis secara lestari
  1. Memiliki Sikap dan Perilaku Berkarya, yaitu
  • Mampu bekerja secara mandiri dan berkelompok dalam melaksanakan tanggungjawab dalam lingkup penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Mampu mengembangkan jiwa leadership dan entrepreneurship
Componentes estructurales
Tesis/Disertación
Entrenamiento de laboratorio
Trabajo práctico/ de campo
Entrenamiento de idioma
Proyecto de investigación

Categorías CINE (ISCED)

Manejo de proyectos
Competencias personales y comunicación
Cultura oceánica
Biología
Biotecnología
Ecología
Conservación y gestión ambiental
Oceanografía física y química
Estadística
Acuacultura
Pesquerías